Minum Kopi Bermanfaat Menekan Gangguan Alzheimer dan Parkinson? Ini Penjelasannya

Bagi Anda yang hobi minum kopi, mungkin akan sedikit lega. Pasalnya, minum kopi juga bermanfaat untuk kesehatan juga lho.

manfaat kopi

Kopi memiliki rasa yang nikmat bagi sebagian penghobi. Namun begitu, kita juga tidak boleh berlebihan dalam mengkosumsi kopi. Bagi sebagaian orang yang bermasalah dengan tekanan darahnya (darah tinggi) rutin dalam minum kopi juga tidak dianjurkan.

Namun, bagi sebagaian orang yangingin terhindar dari penyakit atau gangguan Alzheimer atau penyakit Parkinson, minum kopi dapat menjadi salah satu cara mengurangi resiko penyakit tersebut.

Aru – baru ini, penelitian dari Bran Institute Kanada mengemukakan bahwa mengkonsumsi kopi cukup menguntungkan bagi kesehatan. Tentunya tidak berlebihan dalam minum kopi ini ya.

Senyawa yang terdapat pada kopi yakni fenilindan akan muncul dalam proses roasting kopi. Protein beta amyloid dan protein tau akan terhambat dalam penggabungannya. Ini berkat fenilindan yang biasanya menimbulkan rasa pahit.

Protein tersebut banyak kita temukan dalam bagian otak pasien Alzheimer serta Parkinson.

Peniliti kimia Dr. Ross Mancini mengemukakan dalam penelititannya bahwa temuan tersebut sangat penting dan mampu dalam proses mencegah penyakit degenerative.

Dalam penelitian tersebut membuktikan jika fenilidian bis aberinteraksi dengan prtein dan ini berhubungan dengan penyakit Alzheimer serta penyakit Parkinson itu sendiri.

Langkah berikut dalam mengembangkan penemuan ini adalah dengan menyelidiki manfaat senya tersebut dan juga menganalisi kemammpuan senyawa tersebut saat masuk dalam aliran darah serta bagaimana bisa menjadi penghalah pada pembuluh darah di otak.

Diharapkan para peneliti, jika penelitian lebih lanjut tersbeut mengggunakan bahan – bahan kimia yang notabene lebih aman dalam dunia kedokteran. DIketahu, bahan – bahan alam dapat menghasilkan senyawa tersebut.

Penelitian akan manfaat kopi bagi kesehatan ini telah embuktikan jika kandungan dalam kopi dapat meningkatkan resiko menurunya tingkat kognitif seseorang.

Penelitian tersebut melibatkan ekstrak kopi dalam air dan kopi yang dipakai tersbeut adalah 100% kopi instan arabika.

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan data jika kopi dengan proses roasting tinggi bisa memberikan pelindungan yang efektif pada gangguan Alzheimer serta penyakit Parkinson.

Meski begitu, para peneliti tetap akan melakukan penelitian lebih lanjut karena memang perlu untuk dilakukan kajian lebih teliti lagi agar benar – benar diketahui manfaat kopi mengatasi penyakit Parkinson atau Alzheimer.

Walaupun diketahui dapat mengatasi penyakit Alzheimer maupun Parkinson, namun kopi tetap tidak akan disebut obat.

Related Posts

About The Author

Add Comment