Apa Saja Gejala Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil

Gejala kekurangan kalsium pada ibu hamil – Kalsium adalah salah satu mineral penting bagi tubuh. Kalsium berperan dalam mengendalikan tekanan darah, memperkuat tulang dan gigi, dan banyak lagi. Tanpa cukup kalsium, terutama untuk ibu hamil, di mana kalsium penting untuk perkembangan tulang pada bayi, maka tubuh Anda akan menjadi lebih lemah, bahkan berisiko menderita berbagai gangguan tulang. Gejala kekurangan kalsium harus diatasi agar tidak berkeliaran.

Gejala Kekurangan Kalsium

Penyebab dan gejala kekurangan kalsium

Penyerapan kalsium setiap orang berbeda dan ini dapat dipengaruhi oleh usia. Kalsium diperlukan selama hidup didunia untuk mendukung berbagai fungsi tubuh. Berikut beberapa penyebab kekurangan kalsium.

Kekurangan kalsium tidak hanya pada ibu hamil saja, namun bisa pada si  bayi jika si ibu tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kalsium.

Kelainan dibetes saat masa kehamilan dapat membuat bayi lahir premature.

Perubahan hormone pada menopause menyebabkan mereka lebih rentan terhadap kekurangan mineral kalsium. Ini tidak lain karena perubahan dari sekresi hormone estrogen pada wanita.

Pasien dengan gangguan hormonal hypoparathyroidism.

Tidak tercukupinya kebutuhan mineral untuk tubuh terutama kalsium dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan ibu dan bayi.

Terkait dengan fungsi penting kalsium, ada gejala defisiensi kalsium tertentu yang perlu Anda ketahui. Pada fase awal kekurangan mineral kalsium tidak akan menunjukkan gejala spesifik, namun ketika sudah parah, dapat menyebabkan beberapa gejala seperti berikut ini:

Spasme otot atau kejang sering menyebabkan bagian tubuh kesemutan

Gigi tampak kuning dan rambut menjadi lebih rapuh

Denyut jantung lebih cepat

Sakit kepala

Kerusakan memori mengakibatkan kondisi sulit untuk konsentrasi rendah dan memori

Halusinasi yang berlebihan dimana sering terlihat seperti adanya gejala gangguan mental

Berbagai Penyakit karena kekurangan mineral kalsium

Tubuh yang kekurangan mineral kalsium dalam jangka panjang maka dapat melemahkan sistem tubuh Anda. Tidak hanya itu saja, dapat juga membuat seseorang menderita berbagai penyakit dengan efek kesehatan yang lebih serius lagi. Ketahui beberapa penyakit yang sering disebabkan adanya kekurangan kalsium.

Rakhitis. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak yang menyebabkan kerusakan pada bentuk tulang dasar dengan cara yang mengganggu pertumbuhan.

Hipokalsemia. Gambaran dari penyakit ini adalah tidak adanya keseimbangan zat elektrolit dalam tubuh yang dikarenakan kurangnya mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mineral kalsium.

Osteoporosis Kondisi di mana tulang pasien sangat lemah dan rapuh. Penyakit ini paling sering menyebabkan kerapuhan tulang-tulang pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan.

Osteomalacia. Ini merupakan penyakit lunak tulang pada manusia dimana kekurangan mineral kalsium. Kondisi ini bisa menyebabkan tulang tidak sehat dan lemah tulang sehingga penderita Osteomalicia ini perlu segera ditangani.

 

Sumber: Kandunganmakanan.my.id

Related Posts

About The Author

Add Comment